JudulEfek Teknik Bermain Peran Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas Sepuluh Sman 1 Bolano Lambunu |
Nama: PRASTANI PUTRI |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRACT Prastani putri (A12117233). This Skripsi entitled “The Effect of Role Play technique to Improve Speaking Skill of Tenth Grade Students of SMAN 1 BolanoLambunu”. Skripsi, Faculty of Teacher and Education, Department of Language and Art Education, English Language Education Study Program, under the supervision of AnshariSyafar. This study intends to find out the effect of role play technique on the students improvement in speaking skill of the tenth grade students of SMAN 1 BolanoLambunu. The research applies quasi experimental design. The research subjects were selected using convenience sampling technique in which teacher asked for assigning students of grade X MIPA 1 as the control group and X MIPA 2 as the experimental group. The data were collected through pretest and posttest and they were analyzed using t-test formula in order to compare mean differences of pre and post-test of both groups. The result of analysis shows that no significant difference exist on mean scores of pre-test on both experimental (53.17) and control groups (52.9). However, data analysis also reveals that there is a significant difference of mean scores on posttest between experimental group (75) and control group (63.35). Further analysis also indicates that t-value obtained 3.20 is greater compared to t-table was 2.0227. Therefore, it can be concluded that that the use of role play technique to teach English has significant effect on the improvement of students speaking skill. Key words: Improving, Role Play, Skill, Speaking. ? ABSTRAK Prastani putri (A12117233). Skripsiiniberjudul "Efek Teknik Role Play untukMeningkatkanKeterampilanBerbicaraSiswa Kelas sepuluh SMAN 1 BolanoLambunu". Skripsi, Fakultas Guru dan Pendidikan, Departemen Pendidikan Bahasa dan Seni, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, di bawahbimbinganAnshariSyafar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek teknik role play terhadap peningkatan kemampuan berbicara siswa kelas 1 SMAN 1 Bolano Lambunu. Penelitian ini menerapkan desain eksperimental kuasi. Mata pelajaran penelitian dipilih menggunakan teknik convenience sampling di mana guru meminta untuk menugaskan siswa kelas X MIPA 1 sebagai kelompok kontrol dan X MIPA 2 sebagai kelompok eksperimental. Data dikumpulkan melalui pratest dan posttest dan mereka dianalisis menggunakan rumus t-test untuk membandingkan perbedaan rata-rata pra dan pasca-tes kedua kelompok. Hasil analisis menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan signifikan pada skor rata-rata pra-tes pada kedua kelompok eksperimental (53,17) dan kontrol (52,9). Namun, analisis data juga mengungkapkan bahwa ada perbedaan yang signifikan dari skor rata-rata pada posttest antara kelompok eksperimental (75) dan kelompok kontrol (63,35).Analisis lebih lanjut juga menunjukkan bahwa nilai t yang diperoleh 3,20 lebih besar dibandingkan dengan t-table adalah 2,0227. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik role play untuk mengajar bahasa Inggris memiliki efek signifikan pada peningkatan keterampilan berbicara siswa. Kata kunci: Berbicara,Bermain Peran, Kemampuan. |