JudulSTUDI TENTANG PENERAPAN STORYTELLING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA |
Nama: CLARA JULIA BUA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi teknik Storytelling dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa dan untuk menjelaskan bagaimana keterampilan berbicara siswa meningkat setelah implementasi Storytelling. Penelitian ini menggunakan desain kualitatif yang menerapkan Metode Penelitian Perpustakaan. Data dikumpulkan dari tulisan ilmiah tentang implementasi Storytelling dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa antara tahun 2018 dan 2023. Tulisan ilmiah ditemukan dari perpustakaan dan internet. Data primer diambil dari sebuah e-book oleh Ellis, G. & Brewster, J. (2002) berjudul "Tell it again!". Sementara itu, data sekunder diperoleh dari enam jurnal artikel dari Kaet (2023), Pratiwi (2023), Goncalves (2019), Hardianti (2019), Tambunan (2018), and Megawati (2018), dan skripsi dari Sabila (2022). Melalui analisis komprehensif dari ketujuh studi yang disajikan di atas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik storytelling dalam pengajaran bahasa Inggris secara signifikan berkontribusi terhadap peningkatan kemampuan berbicara siswa. Meskipun setiap studi menggunakan pendekatan dan aktivitas yang berbeda, semuanya menunjukkan bahwa penggunaan storytelling sebagai alat pengajaran memiliki dampak positif pada kemampuan siswa berbicara dalam bahasa Inggris. Temuan ini konsisten dengan studi sebelumnya yang menunjukkan bahwa storytelling memiliki potensi besar untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Penelitian ini menyarankan bahwa penggunaan storytelling dapat meningkatkan keterampilan berbicara karena metode ini membangkitkan minat siswa untuk belajar, mendukung diskusi kelas, memotivasi siswa untuk berbicara secara spontan, memperkenankan siswa untuk menceritakan kembali suatu cerita dengan cara mereka sendiri, meningkatkan pemahaman dan daya ingat siswa. Kata Kunci: Berbicara, Bercerita, Implementasi |