Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulSTUDI TENTANG PENERAPAN ROLE PLAY DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA
Nama: ALIFIA AZZAHRA
Tahun: 2025
Abstrak
Alifia Azzahra, 2024. "Studi tentang Implementasi Permainan Peran dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa". Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Departemen Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, di bawah bimbingan Abd.Kamaruddin dan Maf’ulah. Studi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Role Play dimanfaatkan dalam pengajaran berbicara dan untuk menilai kemampuan berbicara siswa setelah implementasinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, khususnya menggunakan Metode analisis data.. Data dikumpulkan dari karya ilmiah tentang penerapan Role Play dalam pengajaran berbicara antara tahun 2017 dan 2023, yang diperoleh dari sumber-sumber perpustakaan dan online. Analisis konten dilakukan terhadap enam studi terpilih: Nidaul Fitria (2020), Mariani (2019), Mustika Hanum (2023), Yuspar U. Ferri H. dkk. (2022), Dhea Mizhir Krebt (2017), dan Alfu N. & Akmalun Niam Z. (2019). Analisis ini menunjukkan implementasi Role Play yang variatif pada studi-studi tersebut. Meskipun menggunakan pendekatan yang berbeda-beda, semua studi menunjukan bahwa terdapat peningkatan dalam kemampuanv berbicara siswa setelah penerapan Role Play. Selain itu, temuan umum menunjukkan bahwa Role Play meningkatkan keterlibatan, meningkatkan rasa percaya diri, dan meningkatkan kelancaran dengan mensimulasikan skenario dikehidupan nyata. Meskipun menggunakan pendekatan yang beragam, semua studi menegaskan bahwa Role Play efektif dalam mengatasi kecemasan siswa, meningkatkan pengucapan, retensi kosakata, dan kemampuan berbicara secara keseluruhan. Temuan ini mendukung penggunaan Role Play sebagai tehnik berharga dalam pendidikan bahasa untuk memberdayakan siswa dan memperkaya pengalaman belajar di kelas. Kata Kunci: Role Play, Berbicara, Penerapan

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up