JudulSTRATEGI GURU DALAM MENGAJAR BAHASA INGGRIS UNTUK SISWA KELAS X DI MAN 2 KOTA PALU |
Nama: ANDI NURFADILLAH RAMADHANTI |
Tahun: 2023 |
Abstrak Andi Nurfadillah Ramadhanti, (A12117224). Teachers’ Strategies in Teaching English to Grade X at MAN 2 Kota Palu. Skripsi. English Education Study Program, Language and Art Education Study Program, Language and Art Education Department, Teacher Training and Education Faculty. Tadulako University, under the supervision of Mawardin and Mashuri. The purpose of this research are two folds: to find out the teaching strategies used by the English teacher at MAN 2 Kota Palu, and to identify the reasons of implementing the strategies in the classroom. This research used qualitative research design. The participant of this research were two English teacher. In collecting the data, the instrument used were observation and interview . the data analyzed by using descriptive analysis. The findings showed that there were some teaching strategies used by the teachers in teaching English. The strategies used by the teacher in teaching English were: (1) the use of video like writing recount text and favorite song (by relying on learning topic), (2) reading text book, (3) translation (by looking up dictionary), and (4) asking question. The main reason reason of implementing teaching strategies was, they wanted to make the students active in the class. The basic consideration as an active facilitator in choosing the teaching strategies was to make classroom atmosphere that can make the students interact freely with each other in achieving learning goals. Key words: teaching English, teachers strategies ABSTRAK Andi Nurfadillah Ramadhanti (A12117224). Strategi Guru Dalam Mengajar Bahasa Inggris Untuk Kelas X di MAN 2 KotaPalu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Jurusan Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako, di bawah bimbingan Mawardin dan Mashuri. Tujuan dari penelitian ini ada 2: untuk mengetahui strategi pengajaran yang digunakan oleh guru Bahasa Inggris di MAN 2 Kota Palu, dan untuk mengidentifikasi alasan dalam mengimplementasi strategi tersebut di kelas. Penelitian ini dilakanakan dengan menggunakan desain kualitatif. Peserta penelitian ini adalah 2 orang guru Bahasa Inggris. Dalam pengumpulan data, instrument yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan deskriptif analisis. Hasil penelitian menunjukkan beberapa strategi guru mengajar Bahasa Inggris. Strategi yang digunkan guru dalam mengajar Bahasa Inggris adalah: (1) menggunakan video seperti menulis text recount dan lagu favorit (dengan mengacu pada topik pembelajaran), (2) membaca buku pembelajaran, (3) penerjemahan (dengan menggunakan kamus), dan (4) menanyakan pertanyaan. Adapun alasan dalam mengimplementadsikan stategi dalam mengajar yaitu; mereka ingin menstimulus siswa untuk aktif dalam pembelajaran. Alasan mendasar sebagai aktif fasilitator dalam memilih strategi mengajar yaitu membuat suasana kelas yang membuat siswa dapat berinteraksi secara bebas satu sama lain dalam mencapai tujuan pembelajaran. Key words : mengajar Bahasa Inggris, strategi guru |