Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPersepsi Siswa Terhadap Penggunaan Media Lagu Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Di SMP Negeri 9 Palu
Nama: NATHASYA BRIGITHA DEBORA HOSANG
Tahun: 2023
Abstrak
ABSTRAK Nathasya Brigitha Debora Hosang, 2022. Persepsi Siswa Tentang Penggunaan Lagu Sebagai Media Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Di SMP Negeri 9 Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Dibawah bimbingan Aminah. Dalam proses belajar mengajar banyak sekali media yang dapat diterapkan di dalam kelas. Lagu merupakan salah satu media yang dapat digunakan di dalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa tentang penggunaan lagu sebagai media dalam pengajaran bahasa Inggris. Rancangan penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif yang artinya semua hasil penelitian dideskripsikan dan dijelaskan secara deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII (C) SMP Negeri 9 Palu yang telah diajar dengan menggunakan lagu. Peneliti menggunakan tiga fase utama analisis data: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil wawancara dan analisis data dapat disimpulkan bahwa lagu merupakan media yang bagus untuk diterapkan di dalam kelas, dan dengan menggunakan lagu banyak manfaat bagi siswa terutama untuk meningkatkan keterampilan mendengar, memperkaya kosa kata, dan pengucapan. Kata Kunci: Persepsi Siswa, Lagu Sebagai Media ABSTRACT Nathasya Brigitha Debora Hosang, 2022. students’ perception on the use of song as media in teaching english at SMP Negeri 9 Palu. Skripsi. English Education Study Program. Faculty of Teacher Training and Education, Tadulako University. Under the supervision of Aminah In teaching and learning process there are so many media that can be applied in classroom. Song is one of the media that can be used in classroom. This study aims to find out students’ perception on the use of song as media in teaching english. The research design used a qualitative method which means all the result of the research were described and explained descriptively. The respondents of this study were the students of eighth grade C at SMP Negeri 9 Palu who had been taught by using song. The researcher used three major phases of data analysis: they were data reduction, data display, and drawing conclusion. Based on the result of the interview and the data analyzed, it can be concluded that song is a good media to be applied in the classroom, and by using song there are many benefits for students especially to enhance their listening skill, enrich vocabulary, and improve their pronunciation. Keywords: Students’ Perception, Song as Media

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up