JudulMENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS SEBELAS SMA NEGERI 7 PALU MELALUI TEKNIK THINK-PAIR-SHARE |
Nama: ZETRIN OLIVIA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Zetrin Olivia (A12117212). "Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas Sebelas SMA Negeri 7 Palu Melalui Tehnik Think Pair Share". Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Departemen Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, pembimbing (1) Syahrul Munir (2) Mashuri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah teknik think pair share dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas sebelas di SMA Negeri 7 Palu. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes berbicara. Siswa dalam penelitian ini dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. 30 siswa dari masing-masing kelompok diminta untuk melakukan pre-test dan post-test. Kemampuan berbicara siswa dianalisis dengan menggunakan skor rubrik yang diadaptasi dari Weigle (2002). Kemudian, data dianalisis menggunakan rumus yang diusulkan oleh Arikunto (2013). Hasil penelitian menunjukkan bahwa t-hitung adalah 9.65 dan t-tabel adalah 2.00 di mana t-hitung lebih tinggi daripada t-tabel. Hal ini menunjukkan bahwa teknik berpikir berdua berbagi dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas sebelas di SMA Negeri 7 Palu. Kata Kunci: Think Pair Share, Siswa, Kemampuan Berbicara |