JudulAN INVESTIGATION OF TEACHERS’ STRATEGIES IN TEACHING WRITING DURING COVID-19 AT SMP ISLAM TERPADU QURROTA A’YUN PALU |
Nama: SRI SHAFIRA |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK SRI SHAFIRA (A 121 17 203). An Investigation of Teachers’Strategies in Teaching Writing During COVID-19 At SMP Islam Terpadu Qurrota A’yun Palu. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Universitas Tadulako, 2021. Dibawah bimbingan Sriati Usman dan Maf’Ulah. Tujuan dari penelitian ini untuk menginvestigasi strategi guru dalam pembelajaran menulis recount text selama pandemi COVID-19 yang dilaksanakan di SMP Islam Terpadu Qurrota A’yun Palu tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunkan metode penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah dua guru di SMP Islam Terpadu Qurrota A’yun Palu yang melaksanakan kegiatan pembelajaran selama COVID-19. Intrumen penelitian ini menggunkan wawancara mendalam. Data penelitian ini di investigasi dalam tiga tahapan; yaitu reduksi data, tampilan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan oleh kedua guru adalah strategi pembelajaran online dengan menggunakan aplikasi Zoom Clouds Meeting dan WhatsApp Group. Salah satu solusi untuk melaksanakan proses pembelajaran adalah menjadi kreatif dan inovatif dalam pembelajaran online. Pembelajaran online selama COVID-19 juga membiasakan penggunaan teknologi seperti komputer, laptop, internet dan lain sebagainya. Namun, kedua guru tersebut tidak menyebutkan adanya kendala dalam menggunakan teknologi tersebut. Kata kunci; Strategi Guru, Menulis Recount Text, Sekolah Menengah Pertama |