JudulPengunaan Teknik Dictogloss Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa Kelas 8 SMP Negeri 5 PALU |
Nama: DEVI EKA ARIYUNI |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Devi Eka Ariyuni (A 121 17 188), “Penggunaan Teknik Dictogloss Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Palu”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Di bawah bimbingan Jamiluddin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan teknik Dictogloss dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas delapan. Peneliti menerapkan desain penelitian pra-eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 5 Palu yang berjumlah 137 siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII A yang berjumlah 23 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes yang diberikan dua kali, yaitu pre-test dan post-test. Data dianalisis secara statistik. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai t hitung (15,3) lebih tinggi dari nilai t tabel (1,717) dengan menerapkan taraf signifikansi 0,05 dengan derajat kebebasan (df) 22(n-1). Hal ini membuktikan bahwa hipotesis diterima. Dengan kata lain, penerapan teknik Dictogloss dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas VIII SMPN 5 Palu. Kata Kunci; Meningkatkan; Keterampilan Menulis; Teknik Dictogloss ABSTRACT Devi Eka Ariyuni (A 121 17 188), "The Use of Dictogloss Technique to Improve Writing Skill of the Eighth Grade Students’ of SMP Negeri 5 Palu", Skripsi, English Education Study Program, Language and Art Education Department, Teacher Training and Education Faculty, Tadulako University, under supervision of Jamiluddin. The objective of this research is to find out if applying Dictogloss technique can improve writing skills of eighth-grade students. The researcher applied pre-experimental research design. One hundred and thirty seven students of SMPN 5 Palu took part in this research, and class VIII A which consisted of 23 students were selected samples of the research. The data were collected using a test administered twice; it was in the form of a pre-test and a post-test. The data were analyzed statistically. The results of the data analysis showed that the t-counted value (15.3) was higher than that of the t-table (1.717) by applying a significance level of 0.05 with a degree of freedom (df) 22(n-1). This means that the hypothesis is accepted. In other words, applying Dictogloss technique can improve writing skills of eighth-grade students of SMPN 5 Palu. Key Words; Improve; Writing Skill; Dictogloss Technique |