Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
Judul MENGGUNAKAN VIDEO TUTORIAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIIS SISWA KELAS IX MTs LUMBUMAMARA DONGGALA
Nama: NUR WAHIDAH
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRACT Nur Wahidah (A 121 17 179, Using Tutorial Video to Improve Writing Skills of the Ninth Grade Students of MTs Alkhairat Lumbumamara Donggala. A Skripsi, English Education Study Program, Language and Art Education Department, Teacher Training and Education Faculty, Tadulako University, under the supervision of Rofiqoh. The objective of this research is to find out whether the use of tutorial video can improve writing skills of the ninth grade students of MTs Alkhairat Lumbumamara Donggala or not. This research applied a pre-experimental research design. The sample was selected by using total sampling technique. They were 21 students of MTs Alkhairat Lumbumamara Donggala. This research was held in six meetings involved pre-test, treatment, and post-test.The data were collected by using writing test administered twice as pre-test and post-test. The finding showed that the mean score of pre-test was 62.26 while the mean score of post-test was 71.69. The results of data analysis revealed that the value of the t-counted (5.46) was higher than the value of the t-table (1.73) by applying a significant level of 0.05 with a degree of freedom (df) 21 (n-1). It means that the hypothesis is accepted. It indicates that the effect of using tutorial video is significant. In addition, the implication of this finding is can be concluded that using tutorial video was effective to teach writing procedure text because tutorial video can helped to practice their idea, also It helps the teachers transfer the materials that related to the lesson. It can give more detailed information about the object in the content. Also, can give imagination about the content of the tutorial video related to the materials. Keywords: improving: writing skills; tutorial video ABSTRAK Nur wahidah (A 121 17 179), Menggunakan Video Tutorial Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa Kelas IX MTs Alkhairat Lumbumamara Donggala. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, di bawah bimbingan Rofiqoh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan video tutorial dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas IX MTs Alkhairat Lumbumamara Donggala atau tidak. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pra eksperimen. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik total sampling. Mereka adalah 21 siswa MTs Alkhairat Lumbumamara Donggala. Penelitian ini dilaksanakan dalam enam pertemuan yang meliputi pre-test, treatment, dan post-test. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes tulis yang dilaksanakan dua kali yaitu pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre-test adalah 62,26 sedangkan nilai rata-rata post-test adalah 71,69. Hasil analisis data diketahui bahwa nilai t hitung (5,46) lebih tinggi dari nilai t tabel (1,73) dengan menerapkan taraf signifikan 0,05 dengan derajat kebebasan (df) 21 (n-1). ). Artinya hipotesis diterima. Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh penggunaan video tutorial signifikan. Selain itu, implikasi dari temuan ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan video tutorial efektif untuk mengajar menulis teks prosedur karena video tutorial dapat membantu untuk melatih ide mereka, juga membantu guru mentransfer materi yang terkait dengan pelajaran. Hal ini dapat memberikan informasi yang lebih rinci tentang objek dalam konten. Dapat memberikan gambaran tentang isi video tutorial yang berkaitan dengan materi. Kata kunci: mengembangkan; penulisan; tutorial video

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up