Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPenggunaan Video Animasi Untuk Mengembangkan Kosakata Siswa Kelas Delapan SMP Negeri 1 Momosalato, Morowali Utara
Nama: CANDRA WICAKSANA LARIO
Tahun: 2024
Abstrak
Chandra Lario (A 121 17 173). “Penggunaan Video Animasi untuk Mengembangkan Kosakata Siswa Kelas Delapan SMP Negeri 1 Momosalato, Morowali Utara.” Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, di bawah bimbingan Rofiqoh dan Maf’ulah. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan bahwa penggunaan video animasi dapat mengembangkan kosakata siswa kelas delapan SMP Negeri 1 Momosalato, Kabupaten Morowali Utara. Penelitian ini dilakukan melalui desain penelitian eksperimen semu. Sampel penelitian dipilih menggunakan teknik pengambilan sampel klaster acak, di mana kelompok eksperimen adalah kelas VIII A dan kelompok kontrol adalah kelas VIII B. Penelitian ini menggunakan tes kosakata sebagai instrumen untuk mengumpulkan data. Pengumpulan data ini dianalisis secara statistik untuk mengetahui perbedaan signifikan antara dua kelompok pada postes setelah perlakuan menggunakan video animasi yang diberikan kepada kelompok eksperimen. Ditemukan bahwa skor rata-rata kedua kelompok eksperimen dan kontrol pada postes masing-masing adalah 73.8 dan 56.4. Selanjutnya, merujuk pada nilai ttabel df 44 (23+23-2) dengan menerapkan tingkat signifikansi 0,05 pada uji satu ekor, ditemukan bahwa nilai thitung penelitian ini (6.96) lebih tinggi dari nilai ttabel (1.68). Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan video animasi dapat mengembangkan kosakata siswa kelas delapan SMP Negeri 1 Mamosalato, Kabupaten Morowali Utara. Implikasi temuan ini adalah guru perlu menggunakan video animasi dalam mengajar kosakata untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up