Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulA STUDY ON THE IMPLEMENTATION OF ENGLISH SONGS IN TEACHING VOCABULARY MASTERY
Nama: NURKHALIZAH LEMBAH
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK Nurkhalizah (A 121 17 165). Skripsi ini berjudul “Studi tentang Implementasi Lagu Bahasa Inggris dalam Pengajaran Penguasaan Kosakata”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, di bawah bimbingan Konder Manurung and Mashuri Lagu merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengajarkan mata pelajaran apapun. Ini juga dapat digunakan untuk mengajarkan kosakata karena lirik lagu mengandung berbagai kosakata. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan Lagu Bahasa Inggris dalam pengajaran penguasaan kosakata dan untuk mendeskripsikan seberapa sukses penerapan Lagu Bahasa Inggris dalam pengajaran penguasaan kosakata. Penelitian ini menggunakan desain kualitatif dengan menerapkan Metode Library Research. Data dikumpulkan dari penulisan ilmiah tentang penerapan lagu-lagu bahasa Inggris dalam pengajaran kosa kata antara tahun 2011 dan 2021. Penulisan ilmiah ditemukan dari perpustakaan dan internet. Data dianalisis menggunakan analisis isi berdasarkan Dale (1992). Hasil penelitian mengungkapkan bahwa ada lima karya tulis ilmiah dari Widhiastuti (2012), Febria (2015), Gushendra (2017), Bahri (2018), dan Sari (2019). Hasil analisis data menunjukkan bahwa implementasi Lagu Bahasa Inggris dalam lima penelitian berbeda oleh lima ahli berbeda menggunakan langkah-langkah yang berbeda dalam mengimplementasikan prosedur. Salah satunya mengikuti prosedur yang disarankan oleh Dale (1992) yaitu memainkan lagu tanpa persiapan dan tanpa hand-out. Tiga dari mereka memberikan materi sebelum pemilihan mendengarkan, dan peneliti lain memutar video atau menyanyikan lagu oleh guru. Berdasarkan pertanyaan penelitian kedua, penguasaan kosakata siswa meningkat setelah penerapan Lagu Bahasa Inggris di kelas. Peneliti menyimpulkan bahwa penerapan Lagu Bahasa Inggris dalam pengajaran penguasaan kosakata memiliki efek positif karena kosakata siswa telah meningkat sebagai hasil dari penelitian. Kata Kunci: Lagu, Penguasaan Kosakata.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up