Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPenggunaan Cerita Pendek Untuk Mengembangkan Pemahaman Membaca Siswa Kelas X MA Alkhairaat Biromaru
Nama: LESTARI ANNISA KAHAR PUTRI
Tahun: 2022
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa penggunaan cerita pendek dapat mengembangkan pemahaman membaca siswa kelas X MA Alkhairaat Biromaru. Penelitian ini merupakan penelitian pra eksperimen dengan desain penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MA Alkairaat Biromaru dan sampelnya adalah siswa kelas X IPS yang berjumlah 23 siswa. Peneliti menggunakan teknik total sampling dan mengadopsi one group pre-test and post-test design. Pre-test digunakan untuk mengukur kemampuan siswa dalam membaca pemahaman sebelum perlakuan, dan post-test digunakan untuk mengukur kemampuan siswa setelah perlakuan. Berdasarkan hasil kedua pengujian tersebut, peneliti menemukan bahwa t-hitung adalah 9,43. Tingkat signifikansi hitung ditetapkan sebesar 0,05 dan derajat kebebasan (df) t-tabel adalah 23 -1= 22. Peneliti menemukan bahwa I-tabel adalah 1,717. Hal ini menunjukkan bahwa t-hitung lebih tinggi dari pada t-tabel. Artinya hipotesis penelitian ini diterima. Kesimpulannya, penggunaan Cerpen dapat mengembangkan pemahaman membaca siswa kelas X MA Alkhairaat Biromaru. Kata Kunci : Pemahaman Membaca, Mengembangkan, Cerpen The objective of this research was to find that using short story could develop reading comprehension of the tenth grade students at MA Alkhairaat Biromaru. The research was pre-experimental research design. The population of this research was the tenth grade students at MA Alkairaat Biromaru and the sample was class X IPS consisting of 23 students. The researcher employed total sampling technique and adopted one group pre-test and post-test design. The pre-test was used to measure the students' skill in reading comprehension before treatment, and post-test was used to measure the students' skill after the treatment. Based on the result of both tests, the researcher found that the t-counted was 9,43. The level of significance counted is set up at 0.05 and the degree of freedom (df) of the table is 23 -1= 22. The researcher found that I-table was 1.717. It showed that t-counted was higher than the t-table. It means that the hypothesis of this research is accepted. In conclusion, the use of Short Story can develop reading comprehension of the tenth grade students at MA Alkhairaat Biromaru. Keywords : Reading Comprehension, Develop, Short Story

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up