Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPersepsi Guru Dalam Menggunakan Metode Terjemahan Tata Bahasa Dalam Mengajar Pemahaman Membaca Di SMP Negeri 1 Moutong
Nama: NADIA NURHAFIFAH
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRACT Nadia Nurhafifah, 2017. “Teachers’ Perception on the Use of Grammar Translation Method (GTM) in Teaching Reading Comprehension at SMP Negeri 1 Moutong”. Skripsi. English Education Study Program Department of Language and Arts Education, Faculty of Teacher Training and Education, Tadulako University, Under the Supervision of H. Jamiluddin and Mashuri. The aim of this study was to find out teachers perception on the use of Grammar Translation Method (GTM) in teaching reading comprehension. The research used a single case study. The researcher applied descriptive qualitative design by purposive sampling technique to choose the subject. The subjects of this research were two English teachers in eight grades at SMP Negeri 1 Moutong. This research used interview to collect the data by utilizing audio recording and interview guidelines. It is used to know the teachers perception in teaching reading by using GTM. The data reduction, data display, and conclusion drawing and verification were applied for data analysis. The findings revealed that using GTM, the teachers are very helpful in learning process especially teaching reading texts. Using GTM in teaching, the students are easy to get the meaning of reading text. In addition, the students find it convenient to understand the material about reading and they also can obtain new vocabulary handily.. Furthermore, the implementation of this method can bring a change for student’s ability in learning. This indicates that GTM was effective in teaching reading comprehension of the students at SMP Negeri 1 Moutong. Keywords: Teachers’ Perception, Grammar Translation Method, Reading Comprehension ABSTRAK Nadia Nurhafifah, 2017. “Persepsi Guru dalam Menggunakan Metode Terjemahan Tata Bahasa dalam Mengajar Pemahaman Membaca di SMP Negeri 1 Moutong”. Skripsi. Programa Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing H. Jamiluddin dan Mashuri. Tujuan penelitian ini adalah mencari tahu persepsi guru dalam menggunakan metode terjemahan tata bahasa dalam mengajar pemahaman membaca. Penelitian ini menggunakan studi kasus tunggal. Peneliti menerapkan deskriptif kualitatif dengan tehnik purposive sampling untuk memilih subjek. Subjek dalam penelitian adalah dua guru Bahasa Inggris kelas VIII di SMP Negeri 1 Moutong. penelitian ini menggunakan interview untuk mengumpulkan data. Interview ini digunakan untuk mengetahui persepsi guru dalam mengajar membaca dengan menggunakan metode terjemahan tata bahasa . Data reduksi, data display, dan penarikan kesimpulan digunakan untuk menganalisis data . Instrument dalam penelitian ini adalah rekaman suara dan daftar pertanyaan. Hasil penelitilan memperlihatkan dengan menggunakan GTM, guru sangat terbantu dalam proses belajar khususnya mengajar tentang materi membaca yang berhubungan demgam teks bacaan. Menggunakan GTM dalam mengajar, para siswa mudah untuk mendapatkan makna sebuah teks bacaan. Selain itu, siswa merasa mudah untuk mengerti materi membaca dan juga memperoleh kosakata baru. Akan tetapi, pengimplementasian metode ini memberikan perubahan terhadap kemampuan siswa dalam belajar. Hal ini menunjukkan bahwa GTM efektif dalam mengajarkan pemahaman membaca kepada siswa di SMP Negeri 1 Moutong. Keywords: Persepsi Guru, Terjemahan Tata Bahasa, Pemahaman Membaca

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up