JudulPersepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Online Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Di Kelas Dua SMP Negeri 3 Palu |
Nama: AZIZAH AGNI |
Tahun: 2022 |
Abstrak This study aims to find out the students’ perceptions on online learning in studying English. The researcher used qualitative research with case study method by using purposive sampling. The subject of this research were the second graders of class F, G, and H at SMP Negeri 3 Palu. The techniques of data collection were distributing the questionnaire in the form of Google forms and hold the semi structured interview by using Whatsapp voice call and messages. The techniques of data analysis were data reduction, data display, conclusion and verification. The result shows that online learning gives students flexibility in times and makes them more convinced, creative, and independent in dealing with the English learning time. However, on the other side, some students have obstaclesin doing the English assingment through online and most of them prefer conventional learning in order to achieve the learning goals. Furthermore, students’ perception on online learning in studying English at the second grade of SMP Negeri 3 Palu were positive and negative. Keywords: Students’ Perceptions, Online Learning, Studying English Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap pembelajaran bahasa inggris secara online. Peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus dengan menggunakan purposive sampling. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas dua dari kelas F, G, dan H SMP Negeri 3 Palu. Teknik pengumpulan datanya adalah mendistribusikan angket dalam bentuk Google forms dan mengadakan wawancara tidak terstruktur dengan menggunakan telepon dan pesan Whatsapp. Teknik analisa datanya adalah reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Hasilnya menunjukkan bahwa pemebelajaran online memberikan siswa kefleksibelan waktu dan membuat mereka lebih percaya diri, kreatif, dan mandiri dalam menghadapi waktu pembelajaran bahasa Inggris. Namun, di sisi lain, beberapa siswa memiliki kendala dalam mengerjakan tugas bahasa Inggris secara online dan kebanyakan dari mereka memilih pembelajaran konvesional untuk mencapai tujuan pembelajaran. Selanjutnya, persepsi siswa terhadap pembelajaran online dalam pembelajaran bahasa inggris kelas dua SMP Negeri 3 Palu adalah positif dan negatif. Kata kunci: Persepsi Siswa, Pembelajaran Online, Pembelajaran Bahasa Inggris |