JudulMENINGKATKAN PEMAHAMAN MEMBACA SISWA KELAS VIII SMPN 2 TANANTOVEA MENGGUNAKAN MATERI OTENTIK BAHASA INGGRIS |
Nama: DEWITA MA'RIFAH RIZKY YULIANI LEMBAH |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Dewita Ma’rifah Rizky Yuliani Lembah (A 121 17 140). ”Meningkatkan Pemahaman Membaca Menggunakan Bahan Otentik Bahasa Inggris : Studi Eksperimen di SMPN 2 Tanantovea”. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, di bawah bimbingan Mukrim dan Erniwati Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah menggunakan Bahan Autentik Bahasa Inggris dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMPN 2 Tanantovea. Peneliti menggunakan desain eksperimen semu dengan dua kelas, kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen terdiri dari 23 siswa dan kelas kontrol terdiri dari 24 siswa yang dipilih melalui teknik total sampling. Dalam mengumpulkan data, peneliti memberikan pretest dan posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Analisis data menunjukkan bahwa penggunaan bahan autentik efektif dalam meningkatkan pemahaman membaca siswa kelas VIII SMPN 2 Tanantovea Donggala. Kesimpulan tersebut didukung oleh analisis data statistik yang menunjukkan bahwa nilai t-hitung sebesar 20,25 lebih tinggi dari nilai t-tabel sebesar 1,681. Pemahaman membaca siswa pada tingkat literal dan interpretatif meningkat setelah diajar menggunakan Bahan Autentik. Dengan kata lain, Authentic Material secara positif mempengaruhi pemahaman bacaan siswa yang dijadikan sampel. Kata Kunci: Materi Otentik Bahasa Inggris, Materi Otentik, Pemahaman Membaca ? ABSTRACT Dewita Ma’rifah Rizky Yuliani Lembah (A 121 17 140). ”Improving Reading Comprehension Using English Authentic Material : An Experimental Study at SMPN 2 Tanantovea”. English Education Study Program, Departement of Language and Arts Education, Faculty of Teacher Training and Education, under the supervision of Mukrim and Erniwati The objective of this research is to find out if using English Authentic Material can improve students’ reading comprehensio of grade eight students at SMPN 2 Tanantovea. The researcher used quasi-experimental design with two classes, experimental class and control class. The experimental class consisted of 23 students and control class consisted of 24 students selected through total sampling technique. In collecting data, the researcher administered pretest and posttest to both the experimental class and control class. Data analysis indicates that using authentic material is effective in improving reading comprehension of grade eight students of SMPN 2 Tanantovea Donggala. The conclusion is supported by statistical data analysis showing that the t-counted value of 20.25 is higher than the t-table value of 1.681. The students’ reading comprehension of literal and interpretative levels gets improved after being taught using Authentic Material. In other words, Authentic Material positively affects the sampled students’ reading comprehension. Keywords: English Authentic Material, Authentic Material, Reading Comprehension |