JudulPENINGKATAN KOSA KATA SISWA KELAS VIII SMPN 4 TANANTOVEA DONGGALA MELALUI KARTU PINTAR |
Nama: WIDYA ASTUTI |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRACT The objective of this research is to find out if using flashcards can increase students’ vocabulary of grade VIII students at SMPN 4 Tanantovea Donggala. The researcher used quasi-experimental design with two classes, experimental class and control class. The experimental class consisted of 24 students and control class consisted of 20 students selected through total sampling technique. In collecting data, the researcher administered pretest and posttest to both the experimental class and control class. The data were analyzed statistically in order to find out the significant difference of students’ achievement before and after treatments.Using 0.05 level of significance and 42 degree of freedom (df), the researcher found that the value of t-table was 2.019, which was lower than the of t-counted (4.65. It means that the hypothesis is accepted. In other words, using flashcards can increase students’ vocabulary. ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan flashcards dapat meningkatkan kosakata siswa kelas VIII di SMPN 4 Tanantovea Donggala. Peneliti menggunakan desain eksperimen semu dengan dua kelas,kelas eksperimen dan kelas kontrol.Kelas eksperimen terdiri dari 24 siswa dan kelas kontrol terdiri dari 20 siswa. Pengambilan sampel dilakukan melalui teknik total sampling. Dalam mengumpulkan data peneliti memberikan pretest dan posttest baik pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Data dianalisis secara statistik untuk mengetahui perbedaan yang signifikan dari prestasi belajar siswa sebelum dan sesudah perlakuan. Dengan menggunakan taraf signifikansi 0,05 dan derajat kebebasan 42, peneliti menemukan bahwa nilai t-tabel adalah 2,019, yang lebih rendah dari t hitung 4,65. Artinya, hipotesis penelitian diterima. Dengan kata lain, penggunaan flashcards dapat meningkatkan kosakata siswa. |