Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMenganalisis Kesalahan Siswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Tahun Pertama Dalam Mengucapkan Bunyi Dental Fricative.
Nama: PUTRI YULIATI
Tahun: 2022
Abstrak
Putri Yuliati (A 121 17 127). An Analysis of Error in Pronouncing Dental Fricative Sounds by the First-Year Students of English Education Study Program. Skripsi English Education Study Program, Language and Art Education Department, Teacher Training and Education Faculty, Tadulako University, under the supervision of Ferry Rita and Zarkiani Hasyim. This research was aimed to obtain the most problematic dental fricative sounds to pronounce and to determine what factor cause the error in pronouncing dental fricative sounds. The researcher applied descriptive qualitative design by purposive sampling technique to choose the participants. There were 15 participants taken from the first-year students of English Education Study Program 2020/2021. Technique of data collection were documents and interview. The document is in the form of speaking video from the participants, used to analyze students’ pronunciation and the interview used to decide the factor of students’ error. The instrument of this research were audio recording and interview guideline. The result of the research showed that the frequency of students error were 15 percent in /?/ sound and 85 percent in /ð/ sound. Most of the students substituted sound /?/ with /t/ and sound /ð/ with /d/. They made the error because they have interference from their mother tongue. Thus, the most problematic dental fricative sound is /ð/ sound and factor causes the students to make an error is interlingual transfer. Keywords : Pronunciation, Error, Dental, Fricative Putri Yuliati (A 121 12 127). Menganalisis Kesalahan Siswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Tahun Pertama Dalam Mengucapkan Bunyi Dental Fricative. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, di bawah bimbingan Ferry Rita dan Zarkiani Hasyim. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bunyi dental fricative yang paling bermasalah untuk diucapkan dan untuk menentukan faktor apa yang menyebabkan kesalahan tersebut dalam mengucapkan bunyi dental fricative. Peneliti menerapkan deskriptif qualitatif dengan teknik purposive sampling untuk memilih partisipan. Ada 15 partisipan yang diambil dari siswa semester pertama tahun ajaran 2020/2021. Teknik yang digunakan untuk mengambil data adalah dokumen dan wawancara. Dokumen tersebut berupa vidio berbicara dari partisipan, digunakan untuk menganalisa pengucapan siswa dan wawancara digunakan untuk menentukan faktor kesalahan siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah perekam suara dan pedoman wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukan frekuensi kesalahan siswa adalah 15 persen untuk bunyi /?/ dan 85 persen untuk bunyi /ð/. Sebagian besar siswa mengganti bunyi /?/ dengan /t/ dan bunyi /ð/ dengan /d/. Mereka membuat kesalahan karena terinterfrensi dari bahasa ibu mereka. Dengan demikian, bunyi dental fricative yang paling bermasalah adalah bunyi /ð/ dan faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan adalah interlingual. Kata Kunci : Pengucapan, Kesalahan, Dental, Fricative

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up