JudulKegunaan Aplikasi Permainan Kahoot Untuk Mengembangkan Penguasaan Kosakata Siswa Kelas Delapan SMP Negeri 32 Sigi |
Nama: BELINDA TRISATIVA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan penguasaan kosa kata siswa dengan menggunakan aplikasi permainan kahoot. Penelitian ini menerapkan penelitian pra-eksperimental dengan satu kelompok pra tes dan paska tes. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 32 Sigi tahun akademik 2023/2024 yang terdiri dari 29 siswa. Peneliti menggunakan tes kosakata kata kerja dan kata benda sebagai instrumen pretest dan post-test. Temuan penelitian menunjukkan bahwa aplikasi permainan kahoot dapat meningkatkan penguasaan kosakata siswa. Itu dibuktikan dengan skor rata-rata pra tes adalah 58,86 itu diklasifikasikan sebagai cukup, dan paska tes adalah 73,34, itu diklasifikasikan sebagai baik dan peningkatan pra tes menjadi paska tes adalah 24,60%. Oleh karena itu ada peningkatan penguasaan kosakata siswa. Hasil peningkatan juga dibuktikan dengan nilai uji-t. Peneliti menemukan bahwa nilai uji-t (7,352) lebih besar dari t-tabel (2,048). Nilai ini berarti bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil pra tes dan paska tes siswa. Disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi permainan kahoot dapat meningkatkan penguasaan kosakata siswa di Kelas VIII SMP Negeri 32 Sigi. Kata kunci: Aplikasi permainan kahoot, Penguasaan kosakata. |