JudulAnalisis Strategi Guru Dalam Mengembangkan Kosakata Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Asing Siswa |
Nama: FERNANDO WIJAYA |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Fernando Wijaya (A 121 17 075). Skripsi ini berjudul “Analisis Strategi Guru Dalam Mengembangkan Kosakata Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Asing Siswa”. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Universitas Tadulako, 2021. (Dibimbing oleh Nadrun). Dalam mempelajari bahasa asing, kosakata memegang peranan penting. Tanpa memiliki jumlah kosakata yang baik, sulit bagi siswa untuk menguasai semua keterampilan bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh guru dalam mengajar kosakata bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Inggris SMP dan SMA dengan jumlah sampel sebanyak 5 guru. Instrumen penelitian ini adalah wawancara. Peneliti menarik dua kesimpulan, yaitu tentang strategi yang digunakan oleh guru dan dampak dari strategi yang digunakan guru tersebut dalam meningkatkan kosakata siswa. Pertama, hasil penelitian menunjukkan bahwa 8 teknik digunakan guru dalam mengajar vocabluary; menggunakan gambar, permainan rantai kata, teka-teki, permainan balap kata, mendengarkan lagu bahasa Inggris, menonton film, mencari antonim dan sinonim, dan memberikan bacaan yang menarik. Kedua, hasil penelitian menunjukkan bahwa dampak dari strategi yang digunakan guru dapat mendorong siswa untuk tetap semangat dalam belajar dan mengembangkan kosakata siswa sehingga proses pembelajaran antara guru dan siswa terjadi sesuai dengan yang diharapkan. Selain itu, siswa juga dapat menggunakan kata-kata dalam kegiatan sehari-hari baik kepada teman, guru maupun lingkungannya, bahkan dapat membuat kalimat karena sudah memiliki banyak kata dan dapat menggunakan kosakata dan kata sesuai konteksnya. Kata Kunci: Kosa Kata, Dampak, Strategi, Teknik Mengajar, Mengajar Kosa Kata. |