JudulPENGGUNAAN APLIKASI DUOLINGO UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSA KATA SISWA DI SMP NEGERI 4 PALU |
Nama: PUTRI FATIMAH ACHMAD |
Tahun: 2024 |
Abstrak Putri Fatimah Achmad (A 121 17 073). Skripsi ini berjudul Penggunaan Aplikasi Duolingo untuk Meningkatkan Kemampuani Kosakata Peserta Didik Smp Negeri 4 Palu. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako, dibimbing oleh Mukrim dan Afrillia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan aplikasi duolingo sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan penguasaan kosakata siswa atau tidak. Penelitian ini menggunakan desain pre-eksperimental. Sampelnya adalah 31 siswa kelas VII SMP Negeri 4 Palu. teat digunakan sebagai instrumen dalam penelitian ini. Berdasarkan perhitungan yang diperoleh dari nilai rata-rata post-test sebesar 73,23 dan pre-test sebesar 63,39. Hasil analisis statistik menunjukkan nilai t-hitung (212,31) lebih besar dibandingkan dengan nilai t-tabel (1,697) dengan taraf signifikansi 0,05 yaitu 30 (31-1) derajat kebebasan (df). Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi duolingo dapat meningkatkan penguasaan kosakata siswa di kelas tujuh SMP Negeri 4 Palu. Kata Kunci: Duolingo, Makna, Penggunaan, dan Penguasaan Kosakata |