JudulANALISA STRATEGI GURU DALAM MENGAJAR PEMAHAMAN MEMBACA |
Nama: NUR ANISA R |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang paling banyak digunakan oleh guru dalam mengajarar pemahaman membaca dan bagaimana strategi membaca diterapkan dalam pengajaran pemahaman membaca yang paling sering digunakan pada artikel jurnal. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan studi pustaka dari penulisan ilmiah (artikel jurnal) terbit 2015-2021. Untuk mengumpulkan data digunakan lima langkah: 1) Mencari data yang valid dan sumber daya yang relevan dengan topik, 2) Menemukan informasi kunci dari data, 3) Mencatat informasi penting, 4) Mengorganisasikan data yang dideskripsikan ke dalam klasifikasinya, 5 ) Memilih data yang akan dianalisis. Berdasarkan penemuan, ditemukan bahwa ada sepuluh strategi yang digunakan oleh guru,yaitu QARs, Scaffolding, Memahami text, Membaca senyap, Strategi doskusi, Membaca keras, Menghasilkan pertanyaan, Mendorong penggunaan kamus, Strategi mengingat dan Strategi permainan. Dari sepuluh strategi peneliti menemukan bahwa Question Answer Relationship adalah strategi yang paling banyak digunakan. Strategi tersebut membantu guru mengetahui sejauh mana murid memahami materi. Strategi tersebut membantu siswa mengatasi kesulitan dalam memahami teks. Dan juga membantu guru karena siswa lebih aktif seperti bertukar pendapat dengan temman sekelasnya. Kata Kunci: Analisis, Strategi Gueu, Dampak, Pemahaman Membaca |