JudulMENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS XI DI SMA KATOLIK ATMAJAYA TOLITOLI MELALUI BERMAIN PERAN |
Nama: FIQRIAWAN ARNOL H.SUNU |
Tahun: 2019 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah penerapan teknik bermain peran efektif atau tidak dalam mengembangkan keterampilan berbicara siswa kelas sebelas di SMA Katolik Atmajaya Tolitoli. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen semu dimana sampel terdiri dari dua kelompok yaitu grup eksperimen dan grup kontrol. Sampel dipilih dengan teknik purposive sampling. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil dari pretest dan posttest. Dengan menerapkan tingkat signifikansi 0.05 dan 48 derajat kebebasan (df), diketahui bahwa nilai t-hitung adalah 2.52 dan t-tabel adalah 2.014. Nilai thitung lebih tinggi dari nilai t-tabel, yang berarti bahwa hipotesis penelitian diterima. Dengan kata lain, penggunaan teknik bermain peran dapat meningkatkan kosa kata kelas sebelas di SMA Katolik Atmajaya Tolitoli. Kata kunci: Mengembangkan, keterampilan berbicara, Siwa dan teknik bermain peran. |