JudulANALISIS KESULITAN DALAM MEMAHAMI TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS DELAPAN SMPN 4 PALU |
Nama: PURNAMA |
Tahun: 2021 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan dalam memahami teks deskriptif. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 4 Palu. Instrumen penelitian ini adalah tes membaca. Berdasarkan hasil tes, peneliti menyimpulkan bahwa siswa mengalami beberapa kesulitan dalam mengidentifikasi gagasan utama teks, mengidentifikasi informasi detail dalam teks, memahami kosakata, dan yang terakhir banyak siswa mengalami kesulitan dalam membuat kesimpulan dari teks. Ada 43,33% siswa yang benar dalam menjawab item pertanyaan untuk mencari pemahaman kosakata, sehingga 56,67% (kurang) siswa menghadapi kesulitan dalam item pertanyaan tersebut. Terdapat 47,33% siswa yang benar dalam menjawab butir-butir soal menentukan ide pokok, sehingga 52,67% (kurang) siswa menghadapi kesulitan dalam butir-butir soal. Ada 50,74% siswa yang benar dalam menjawab item pertanyaan untuk mencari informasi detail, sehingga 49,26% (kurang) siswa mengalami kesulitan dalam item pertanyaan tersebut. Dan terdapat 51,11% siswa yang benar dalam menjawab butir-butir soal hingga membuat inferensi, sehingga 48,89% (kurang) siswa mengalami kesulitan pada butir-butir soal tersebut. |