JudulMengidentifikasi Kesulitan Dalam Menulis Esai Ekspositori Pada Mahasiswa Semester Lima Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Tadulako |
Nama: FAHMI RIZALDI |
Tahun: 2022 |
Abstrak Fahmi Rizaldi (A 121 16 097). Identifikasi Kesulitan Dalam Penulisan Esai Ekspositori pada Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Semester Lima Universitas Tadulako. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Di bawah bimbingan Mukrim dan Hastini. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesulitan mahasiswa Program Studi Bahasa Ingrris dalam menulis esai ekspositori dan bagaimana mahasiswa mengatasi kesulitan tersebut.. Apakah kesulitan yang terjadi dapat diselesaikan oleh mahasiswa atau tidak. Subjek penelitian ini adalah 8 mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan menerapkan pendekatan kualitatif. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes dan wawancara. Hasil analisis data menunjukkan bahwa siswa kesulitan dalam menghasilkan ide, elemen tata bahasa kosakata seperti tenses, penyesuaian subjek-verba, ejaan, dan struktur kalimat saat menulis dalam bahasa Inggris. Untuk mengatasi kesulitan tersebut, siswa menjelajahi internet untuk mencari referensi lainnya, Grammarly untuk memperbaiki kesalahan tata bahasa, dan kamus elektronik untuk menerjemahkan istilah bahasa Indonesia ke bahasa Inggris. Ini menyiratkan bahwa siswa perlu belajar untuk memilih bahasa yang sesuai untuk subjek tulisan mereka. Kata kunci: Menulis, Kesulitan, Esai Ekspositori |