Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA PADA SISWA KELAS DELAPAN DI SMP NEGERI 19 PALU MELALUI ROLE PLAY
Nama: HARTANTI PAKPAHAN
Tahun: 2020
Abstrak
IMPROVING SPEAKING SKILL OF THE EIGHTH GRADE STUDENTS OF SMP NEGERI 19 PALU THROUGH ROLE PLAY Hartanti Pakpahan1, Konder Manurung2 English Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education Tadulako University ABSTRACT This research aims at proving whether or not Role Play can improve speaking skill of the eighth grade students of SMP Negeri 19 Palu. The population of this research was the eighth grade students. The sample was VIII D as the experimental class consisted of 22 students and VIII C as the control class consisted of 25 students. Those classes were selected by using purposive sampling technique. The researcher applied quasi-experimental research design where the two classes were given pre-test and post-test. The result shows that the Role Play gave significant improvement to the students’ speaking skill. The improvement can be seen from the result of the test where the mean score of the experimental class before the treatment was 38.64 and the control class was 32.96. After getting the treatment, the mean score of experimental class was 70.45 and the control class was 45.46. The result of the test was analyzed statistically by applying t-test formula. The results show that the t-counted (5.1) value is higher than the t-table (2.014) at the level of significant (p) = 0.05 and degree of freedom (df) is 45. The results indicate that the hypothesis is accepted. It means that the Role Play can improve the eighth grade students’ speaking skill. Keywords: Improve; Speaking Skill; Role Play; Fluency; Comprehensibility Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah Permainan Peran dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Palu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas delapan. Sampel adalah VIII D sebagai kelas eksperimen terdiri dari 22 siswa dan VIII C sebagai kelas kontrol terdiri dari 25 siswa. Kedua kelas tersebut dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Peneliti menerapkan desain penelitian eksperimental semu di mana kedua kelas diberikan tes awal dan tes akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Permainan Peran memberikan peningkatan yang signifikan terhadap keterampilan berbicara siswa. Peningkatan dapat dilihat dari hasil tes di mana skor rata-rata kelas eksperimen sebelum perlakuan adalah 38.64 dan kelas kontrol adalah 32.96. Setelah perlakuan, nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 70.45 dan kelas kontrol adalah 45.46. Hasil tes dianalisis secara statis dengan menerapkan rumus uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai t-hitung (5.1) lebih tinggi dari t-tabel (2.014) pada tingkat signifikan (p) = 0,05 dan derajat kebebasan (df) adalah 45. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis diterima . Ini berarti, permainan peran dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas delapan secara signifikan. Istilah Kunci: Meningkatkan; Kemampuan Berbicara; Permainan Peran; kelancaran; pemahaman.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up