JudulKAJIAN TENTANG PENERAPAN METODE PENGAJARAN DAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM MENGAJAR KETERAMPILAN BERBICARA |
Nama: MERRY GREYZELIA GUNAWAN |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Merry Greyzelia Gunawan (A 121 16 083). Skripsi ini berjudul “Kajian tentang Penerapan Metode Pengajaran dan Pembelajaran Kontekstual dalam Mengajar Keterampilan Berbicara” Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, di bawah bimbingan. Konder Manurung. Berbicara adalah bagian penting dari pembelajaran bahasa dan pusat komunikasi; Oleh karena itu, tujuan dari pengajaran keterampilan berbicara adalah komunikatif efisiensi. Untuk mencapai tujuan tersebut, banyak metode dan teknik yang diterapkan termasuk metode Pengajaran dan Pembelajaran Kontekstual. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji cara pengajaran keterampilan berbicara menggunakan CTL dan untuk menganalisis keefektifan penerapan CTL terhadap keterampilan berbicara siswa. Penelitian ini menggunakan studi pustaka, yang merupakan bagian dari penelitian kualitatif. Data primer diperoleh dari sebuah buku oleh Johnson (2002) yang berjudul “Pengajaran dan Pembelajaran Kontekstual: apa itu dan mengapa itu ada disini”. Sedangkan, data sekunder dikumpulkan melalui skripsi sarjana, skripsi pascasarjana dan jurnal artikel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CTL efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa karena prinsip-prinsip atau prosedur pengajaran CTL sama dengan cara kerja otak pada manusia dimana makna dibangun dengan menghubungkan materi pelajaran dengan konteks kehidupan sehari-hari siswa (Johnson, 2002) . Temuan ini berarti bahwa terlepas dari prosedur pengajaran yang diterapkan oleh peneliti sebelumnya, apakah itu tujuh prinsip elemen (konstruktivisme, pertanyaan, penyelidikan, komunitas belajar, pemodelan, refleksi, dan penilaian otentik) atau REACT (Berhubungan, Mengalami, Menerapkan, Bekerja sama, dan Mentransfer), Penggunaan CTL dalam mengajarkan keterampilan berbicara membawa dampak positif bagi kinerja siswa dalam berbicara. Hal tersebut menjadikan guru lebih kreatif dalam mengajarkan keterampilan berbicara dan mendukung kegiatan belajar mengajar di sekolah. Terlepas dari jenis sekolah dan wilayah geografis, penggunaan CTL dalam mengajarkan keterampilan berbicara sangat efektif. Kata Kunci: Pengajaran dan Pembelajaran Kontekstual; Keterampilan berbicara |