JudulMENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS XI DI SMK MUHAMMADIYAH 1 PALU MELALUI LAGU |
Nama: WIDYA IKA TAUFANTI |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Widya Ika Taufanti (2020). Skripsi ini berjudul “Mengembangkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas XI di SMK Muhammadiyah 1 Palu Melalui Lagu”. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, dibawah bimbingan Mawardin M. Said. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan keterampilan berbicara siswa kelas XI di SMK MUHAMMADIYAH 1 PALU. Masalahnya adalah mereka kurang kosakata, takut membuat kesalahan, dan kurang percaya diri dalam berbicara. Penelitian ini menggunakan One Group Pre-test-Post-test Design. Sampel penelitian ini dipilih dengan teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data berupa perekam dan tes yang diberikan kepada sampel penelitian berupa pre-test dan post-test. Data yang terkumpul dianalisis secara statistik. Hasil data menunjukkan bahwa nilai t hitung (1,81) lebih besar dari nilai t tabel (1,701) dengan menerapkan taraf signifikansi 0,05 dan derajat kebebasan 15 + 15-1 (df). Artinya, penggunaan lagu dapat secara signifikan mengembangkan keterampilan berbicara siswa di SMK Muhammadiyah 1 Palu. Kata kunci: Berkembang; Keterampilan Berbicara; Lagu |