Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulSTRATEGI-STRATEGI BELAJAR-MENGAJAR BAHASA INGGRIS PADA NEW NORMAL ERA DI SMA NEGERI 1SIGI
Nama: MAHARANI PUTALAN
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK Maharani Putalan, (A 121 16 064). “Strategi-Strategi Mengajar Bahasa Inggris Pada Era New Normal di SMA Negeri 1 Sigi”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, dibawah bimbingan Dr. Hj. Sriati Usman M.Hum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengajaran bahasa Inggris di era new normal akibat Covid-19, khususnya bagaimana pembelajaran bahasa Inggris dapat diselesaikan selama pandemi COVID-19 di SMA Negeri 1 Sigi. Penelitian ini perlu dilakukan untuk mengidentifikasi penerapan karakteristik dan jenis strategi mengajar melalui analisis kegiatan belajar-mengajar guru, mengetahui langkah-langkah mengajarnya dan media apa yang digunakan untuk pembelajaran tersebut. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Populasinya adalah guru di SMA Negeri 1 Sigi. Teknik yang digunkan pada pengumpulan data ialah wawancara dan observasi. Samplenya ialah semua guru bahasa Inggris di sekolah tersebut. Ada tiga strategi yang ditemukan yaitu strategi pembelajaran berbasis inkuiri, pembelajaran Discovery, dan pembelajaran kontekstual. Menghadapi era new normal yang menerapkan pembelajaran jarak jauh, ditemukan bahwa guru-guru SMA Negeri 1 Sigi menerapkan strategi sesuai teori pendekatan e-learning. Media yang digunakan adalah platform WhatsApp dan Google classroom. Kegiatannya adalah memberikan materi berupa video atau gambar yang dilanjutkan dengan penjelasan, kemudian pemberian tugas, tugas yang sudah selesai dikirim ke WhatsApp jika tugas dalam bentuk video, dikirim kembali ke media Google Classroom jika dalam bentuk word, atau dapat dibawa langsung ke guru jika disajikan dengan tulisan tangan. Selama masa pandemi, umumnya guru bahasa Inggris di sekolah tersebut melaksanakan pembelajaran mandiri di rumah masing-masing, namun setiap guru mengadakan pertemuan tatap muka untuk setiap kelas minimal seminggu sekali di sekolah atau di tempat lain yang juga digunakan untuk memantau kondisi siswa, memberikan konsultasi termasuk memberikan motivasi agar giat belajar di rumah. Kata Kunci: Descriptive study, Strategy, Teacher’s strategies, New Normal

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up