Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulIMPROVING VOCABULARY MASTERY OF SEVENTH GRADE STUDENTS OF SMP NEGERI 1 SINDUE THROUGH VOCABULARY SELF-COLLECTION STRATEGY
Nama: AINUL MA'RIFAT
Tahun: 2021
Abstrak
ABSTRAK Ainul Ma’rifat (2020). Skripsi ini berjudul “Meningkatkan Materi Kosakata Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sindue Melalui Strategi Pengumpulan Kosakata Sendiri”, di bawah bimbingan Prof. H. Hasan Basri, M.A., Ph.D. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Vocabulary Self-Collection Strategy meningkatkan penguasaan kosakata siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sindue atau tidak. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen semu yang melibatkan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dalam memilih sampel, peneliti menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian ini adalah kelas VII Sudirman sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 23 siswa dan VII Imam Bonjol sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 22 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dua macam tes, pre-test dan post-test untuk kelompok eksperimen dan kontrol. Pre-test digunakan untuk mengetahui kosakata siswa sebelum mereka mendapatkan perlakuan, sedangkan post-test digunakan untuk mengukur prestasi siswa setelah perlakuan. Data dianalisis secara statistik untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar siswa pada pre-test dan post-test. Nilai rata-rata dari pre-test kelompok eksperimen adalah 51.65 sedangkan kelompok kontrol adalah 56.72. Skor rata-rata post-test kelompok eksperimen adalah 80,43, sedangkan kelompok kontrol adalah 66,90. Dengan menggunakan taraf signifikansi 0,05, peneliti menghitung data dan menemukan bahwa nilai t hitung (7,84) lebih besar dari t tabel (2,021). Artinya hipotesis diterima. Dengan kata lain, penggunaan Vocabulary Self-Collection Strategy dapat meningkatkan penguasaan kosakata siswa SMP Negeri 1 Sindue. Kata Kunci: Strategi Pengumpulan Kosakata, Peningkatan, Penguasaan Kosakata

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up