JudulPENERAPAN TEHNIK PENGEDITAN REKAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS SISWA KELAS DELAPAN SMPN 2 TINOMBO SELATAN |
Nama: VIATASARI |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Viatasari (2021). “Penerapan Tekhnik Peer Editing Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa Kelas Delapan di SMP Negeri 2 Tinombo Selatan”. Prodi Pendidikan Bahasa Inggris. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako. Pembimbing Darmawan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Tekhnik Peer Editing dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas delapan pada SMP Negeri 2 Tinombo Selatan. Penelitian ini menggunakan kuasi experimental sebagai desain dari penelitian. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas delapan SMP Negeri 2 Tinombo Selatan. Sampel pada penelitian ini ditentukan melaului tekhnik sampel acak. Sampel pada penelitian ini adalah kelas B sebagai grup experimen dan kelas A sebagai grub kontrol. Dalam mengumpulkan data peneliti memberikan pretest dan posttest kepada kedua grub. Hasil dari analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata dari grub experimen yang menggunakan Tekhnik Peer Editing (79,75) lebih tinggi dibandingkan dengan grup control yang tidak menggunakan Tekhnik Peer Editing yaitu (42,85). Hasil lain menunjukkan bahwa t-counted (3,70) lebih tinggi dari t-table (1,674) dengan derajat kebebasan (54) dan 0,05 tingkat signifikan. Ini berarti hipothesis dapat diterima. Dalam kata lain, Tekhnik Peer Editing efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa kela delapan pada SMP Negeri 2 Tinombo Selatan. Kata Kunci: Tekhnik Peer Editing, Meningkatkan, Menulis |