JudulMENGGUNAKAN KEGIATAN PEMECAHAN MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS XI DI SMAN 4 PALU |
Nama: RIZKA HUMAIRAH |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Rizka Humairah (A 121 16 015). Menggunakan Kegiatan Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas XI di SMAN 4 Palu, Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, dibawah bimbingan Nadrun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan Kegiatan Pemecahan Masalah dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas sebelas SMA Negeri 4 Palu. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu. Sampel adalah siswa kelas XI MIA 3 dengan 30 siswa sebagai kelompok eksperimen dan XI MIA 4 dengan 31 siswa sebagai kelompok kontrol. Mereka dipilih secara teknik purposive sampling. Untuk mengumpulkan data, tes yang dibagi menjadi pretest dan posttest digunakan sebagai instrumen penelitian. Nilai rata-rata pretest untuk kelompok eksperimen dan kelompok kontrol adalah 52.78 and 53.76. Skor rata-rata posttest untuk kelompok eksperimen dan kelompok kontrol adalah 65.56 and 59.68. Data dianalisis secara teoritis dengan menggunakan rumus uji-t di mana derajat kebebasan (df) adalah 59. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa nilai t-hitung adalah 2.07 sedangkan nilai t-tabel adalah 1.67. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa nilai t-hitung lebih tinggi dari nilai t-tabel. Ini menyiratkan bahwa hipotesis diterima. Ini berarti, keterampilan berbicara siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan Kegiatan Pemecahan Masalah. Kata kunci: meningkatkan, berbicara, keterampilan, Kegiatan Pemecahan Masalah |