Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPenggunaan Video Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa Kelas IX Di SMPN 3 Palu
Nama: DETIYA APRILIAN
Tahun: 2020
Abstrak
ABSTRAK Detiya Aprilian, 2020. Penggunaan Video Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa Kelas IX di SMPN 3 palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Dibawah Bimbingan Sriati Usman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan video dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis procedure teks kelas IX di SMP Negeri 3 Palu. Penelitian ini menerapkan desain quasi eksperimental dengan 46 siswa sebagai sampel yang di pilih menggunakan sampel kelompok acak. Sampel penelitian ini adalah kelas IX A sebagai kelas eksperimen terdiri dari 24 siswa dan kelas IX D sebagai kelas control terdiri dari 22 siswa. Kelas eksperimen diberikan treatment sedangkan kelas control menggunakan teknik mengajar biasa. Instrument pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes yang dibagi menjadi pretest dan posttest. Ada perubahan yang signifikan di pre test dan post test, nilai di kelas eksperimen meningkat secara signifikan dari 39.93 menjadi 80.21. sedangkan, nilai di kelas control meningkat dari 58.33 menjadi 61.74. Itu dibuktikan dengan hasil dari T-hitung yaitu 8.10 dan T-tabel yaitu 1.68 dengan menerapkan tingkat signifikansi 0.05. Berdasarkan hasil di atas, dapat disimpulkan bahwa video dapat meningkatkan kemampuan siswa menulis teks procedure karena nilau T-hitung lebih tinggi dari T-tabel. Kata kunci : Meningkatkan, kemampuan menulis, vidio

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up