JudulMENGGUNAKAN KEGIATAN PEMECAHAN MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS XI DI SMAN 2 PALU |
Nama: Wahyuni Rahmadani Kahar |
Tahun: 2020 |
Abstrak ABSTRAK Wahyuni Ramadhani K (A 121 15 247). Menggunakan Kegiatan Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas XI di SMAN 2 Palu, Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, dibawah bimbingan Mochtar Marhum dan Wahyudin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan Kegiatan Pemecahan Masalah dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas sebelas SMA Negeri 2 Palu. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu. Sampel adalah siswa kelas XI IPS 2 dengan 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 4 dengan 30 siswa sebagai kelas kontrol. Akan tetapi , siswa yang dapat mengikuti tes ini adalah 19 siswa untuk kelas eksperimen dan 27 siswa untuk kelas kontrol. Mereka dipilih secara purposive random sampling. Untuk mengumpulkan data, tes yang dibagi menjadi pretest dan posttest digunakan sebagai instrumen penelitian. Nilai rata-rata pretest untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 59,65 dan 46,30. Skor rata-rata posttest untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 89,47 dan 62,96. Data dianalisis secara teoritis dengan menggunakan rumus uji-t di mana derajat kebebasan (df) adalah 44. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa nilai t-hitung adalah 2,59 sedangkan nilai t-tabel adalah 1,68. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa nilai t-hitung lebih tinggi dari nilai t-tabel. Ini menyiratkan bahwa hipotesis diterima. Ini berarti, keterampilan berbicara siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan Kegiatan Pemecahan Masalah. Kata kunci: meningkatkan, berbicara, keterampilan, Kegiatan Pemecahan Masalah ? |