JudulMenggunakan Individualisasi Yang Dibantu Tim Untuk Memperbaiki Pengucapan Pada Siswa Kelas Tujuh Di MTs Tinombala. |
Nama: RACHMALITA MAHARANI |
Tahun: 2019 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa dengan menggunakan Individualisasi yang dibantu Tim dapat meningkatkan pengucapan pada siswa yang berkaitan dengan bunyi konsonan seperti bunyi alveopalatal (?, ?, ?, ?) dan bunyi interdental (? dan ð). Pada penelitian ini, peneliti menggunakan kuasi eksperimental dan desainnya menggunakan pre-test dan post-test desain. Populasi dari penelitian ini dari kelas tujuh di MTs Tinombala yang terdiri dari dua kelas. Kelas tersebut digunakan sebagai sampel, kelas tersebut adalah kelas VIIB sebagai kelas eksperimental dan kelas VIIA sebagai kelas control. Kelas eksperimental dengan menggunakan Individualisasi yang dibantu Tim dan kelas kontrol menggunakan metode yang biasa digunakan oleh guru bahasa inggris mengajar di MTs Tinombala. Sampel pada penelitian ini telah dipilih dengan menggunakan total sampling tehnik. Hasil dari data menunjukan bahwa nilai t-counted (3.10) lebih tinggi dari nilai t-table (2.0042) dengan menggunakan signifikan level 0.05 dan nomor derajat kebebasannya (df) adalah 56. Maksud dari nilai tersebut adalah dengan menggunakan Tehnik Individualisasi yang dibantu Tim dapat meningkatan kemampuan siswa kelas tujuh di MTs Tinombala dalam mengucapkan bunyi alveopalatal dan bunyi interdental. Dengan penerangan yang ringkas bahwa Tehnik Individualisasi yang dibantu Tim sangat efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam belajar pengucapan karena siswa merasa bahwa Individualisasi yang dibantu Tim membuat proses belajar mengajar lebih menarik karena mereka dapat bertanya dan bisa menjadi guru pribadi untuk teman mereka. Keywords: Individualisasi yang dibantu Tim, Pengucapan, Bunyi Alveopalatal, Bunyi Interdental |