JudulMeningkatkan Pemahaman Membaca Siswa Kelas X Di SMA Negeri 1 Banawa Menggunakan Strategi Listen-Read-Discuss (LRD). Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Jurusan Pendidikan Bahasa Dan Seni. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Dibawah Bimbingan Nur Sehang Thamrin. |
Nama: MOH. RYAN FAJRIN |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRACT MohammadRyan Fajrin, 2020. Improving ReadingComprehension of the Tenth Grade Students at SMA Negeri 1Banawathrough Listen-Read-Discuss (LRD) strategy.Skripsi English Education Study Program, Languange and Art Education Department, Teacher Training and Education Faculty, Tadulako University.Under the supervision of NurSehangThamrin. This research aims at finding out whether or not the implementation of Listen- Read-Discuss (LRD) strategy can improve the reading comprehension of the tenth grade students at SMA Negeri 1 Banawa. This research employed a quasi experimental research design which involved two groups of students as experimental and control groups.The samples were selected by using purposive sampling technique. The samples were the students of X IPA 2 as the experimental group and X IPA 3 as the control one. The instrument of this research was a test which was given to the sample as a pretest anda posttest in the form of reading test. The result of data analysis shows that the mean score of posttest in experimental groupis 76.52 which is considered higher than the mean score of posttest in control group (62.57). By applying 46 degree of freedom (df) and 0.05 level of significance, it indicates that the tconted (5.0) is higher than the ttable (2.01). As a result, it clarifies that the hypothesis of this research is accepted. In conclusion, the findings of this research reveals that students’ reading comprehension can be effectively improved by using Listen-Read-Discuss (LRD). Keywords: Reading, improving, Listen-Read-Discuss, students ABSTRAK Mohammad Ryan Fajrin, 2020. Meningkatkan Pemahaman Membaca Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Banawa Menggunakan Strategi Listen-Read-Discuss (LRD). Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di bawah bimbingan Nur Sehang Thamrin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan strategi Listen-Read-Discuss dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa kelas X SMA Negeri 1 Banawa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen quasi yang melibatkan dua kelompok siswa sebagai kelompok eksperimen dan kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 2 sebagai kelompok eksperimen dan X IPA 3 sebagai kelompok kontrol. Instrumen penelitian ini berupa tes yang diberikan kepada sampel berupa pretest dan posttest berupa tes membaca. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata skor posttest pada kelompok eksperimen adalah 76,52 yang dianggap lebih tinggi dari rata-rata skor posttest pada kelompok kontrol (63,57). Dengan menerapkan 46 derajat kebebasan (df) dan tingkat signifikansi 0,05 menunjukkan bahwa thitung (0,5) lebih besar dari ttabel (2,01). Hasilnya, menjelaskan bahwa hipotesis penelitian ini diterima. Kesimpulannya, temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa pemahaman membaca siswa dapat ditingkatkan secara efektif dengan menggunakan Listen-Read-Discuss (LRD). Kata Kunci: Membaca, meningkatkan, Listen-Read-Discuss, siswa |