JudulPenggunaan Kim’s Memory Game Untuk Mengajar Kosakata Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas Delapan SMP Negeri 9 Palu |
Nama: DITHA PALULUN |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK Ditha Palulun (2019). “Penggunaan Kim’s Memory Game untuk Mengajar Kosakata Bahasa Inggris pada Siswa kelas Delapan SMP Negeri 9 Palu” Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, dibawah bimbingan Abdul Kamaruddin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Kim’s Memory Game dapat meningkatkan kosa kata bahasa Inggris di siswa kelas delapan SMP Negeri 9 Palu. Penelitian ini menerapkan desain penelitian quasi experimental. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 9 Palu yang terdiri dari 9 kelas. Sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel adalah kelas VIIIF sebagai kelompok kontrol yang terdiri dari 29 siswa dan kelas VIIIE sebagai kelompok eksperimen yang terdiri dari 27 siswa. Instrumen pengumpulan data adalah pre-test dan post-test. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada perbedaan antara hasil pre-test dan post-test. Nilai rata-rata kelompok eksperimen meningkat dari 37,89 menjadi 62,83. Sementara itu, skor rata-rata kelompok kontrol meningkat dari 37,12 menjadi 49,53. Nilai t-counted adalah 2,32 sedangkan nilai t-tabel adalah 1,67. Dapat disimpulkan bahwa t-counted lebih tinggi dari t-tabel. Ini berarti hipotesis diterima. Dengan ini menunjukan bahwa menggunakan Kim’s Memory Game meningkatkan kosa kata bahasa Inggris di siswa kelas delapan SMP Negeri 9 Palu. Kata kunci : Meningkatkan, Kosakata, Kim’s Memory Game |