Judul Dampak Penggunaan Realia Dalam Mengajar Menulis Pada Siswa Kelas Sepuluh Di SMAN 1 Luwuk |
Nama: NURUL MAGFIRAH |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK Nurul Magfirah (2019). “Dampak Penggunaan Realia dalam Mengajar Menulis pada siswa kelas Sepuluh di SMAN 2 Luwuk ” Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, dibawah bimbingan Anshari Syafar. Tujuan dari studi ini adalah untuk melihat dampak realia dalam pengajaran menulis teks deskriptif. Studi ini menggunakan desain penelitian eksperimen semu yang melibatkan kelas eksperimen dan kontrol. Sampel studi ini dipilih dengan menggunakan teknik convenience sampling, yaitu kelas X MIPA 1 yang ditugaskan menjadi kelas eksperimen dan kelas X MIPA 2 menjadi kelas kontrol. Data dikumpulkan dengan menggunakan pretest dan posttest. Data dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t untuk mengetahui perbedaan skor rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol. Analisis lebih lanjut menunjukkan bahwa skor rata-rata kelas eksperimen lebih besar daripada skor rata-rata kelas kontrol. Studi ini menerapkan tingkat signifikansi 0,05 dengan kebebasan 58 derajat untuk membandingkan antara nilai uji-t dan nilai t-tabel. Karena nilai uji-t lebih besar (6,13) dari t-tabel (2,00), maka hipotesis penelitian diterima. Oleh karena itu, penggunaan realia dalam pengajaran menulis teks deskriptif berdampak pada peningkatan keterampilan menulis siswa. Kata kunci: Dampak, Menulis, Teks Deskriptif, Realia |