JudulMEMPERBAIKI PENGUASAAN KOSAKATA DARI SISWA KELAS TUJUH DI SMP NEGERI 1 LABUAN MELALUI TEXT TWIST GAME |
Nama: Isterya |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini untuk membuktikan bahwa penggunaan Text Twist game meningkatkan penguasaan kosakata di siswa kelas VII SMP Negeri 1 Labuan. Penelitian ini menerapkan desain penelitian quasi experimental. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Labuan yang terdiri dari 3 kelas. Sampelnya adalah kelas VIIA sebagai grup experimental, dan kelas VIIC sebagai grup kontrol. Penelitian in menggunakan teknik cluster random sampling untuk memilih grup experimental dan grup kontrol. Dalam desain penelitian ini, pretest dilakukan untuk kedua group expeimental dan kontrol sebelum treatment, sementara posttest dilakukan sesudah treatment. Data di analisa secara statistil bertujuan untuk menemukan perbedaan yang signifikan dari pencapaian siswa dalam pretest dan posttest dengan menggunakan rumus t-counted. Hasil dari data analisis mengindikasikan, ada perbedaan yang signifikan antara hasil dari pretest dan posttest. Itu bisa dibuktikan secara jelas dengan melihat skor rata-rata dari kedua hasil test. Skor rata-rata dari grup experimental meningkat secara signifikan dari 36.90 ke 66.10. sementara itu, skor rata-rata dari grup kontrol meningkat dari 36.74 ke 45.91. Kemudian, dengan menerapkan derajat kebebasan (df) 25 dan 0.05 tingkat signifikan, mengindikasikan bahwa t-counted (2.74) lebih besar dari t-table (1.68). Kesimpulannya, menggunakan Text Twist game tekhnik meningkatkan penguasaan kosakata dari siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Labuan. Kata kunci: Memperbaiki, Kosakata, Penguasaan, Text Twist Game |