Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengembangan Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Menggunakan Concept Sentence Technique Pada Kelas Delapan Di SMP Katolik St Paulus Palu
Nama: Gilbert K
Tahun: 2019
Abstrak
Gilbert Kresna Sammen (2019). "Pengembangan Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Menggunakan Teknik Concept Sentence pada Kelas Delapan di SMP Katolik St Paulus Palu" Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, di bawah bimbingan Konder Manurung dan Budi. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa penggunaan concept sentence technique efektif untuk mengembangkan kemampuan menulis teks deskripsi di siswa kelas VIII SMP Katolik St Paulus Palu. Penelitian ini menerapkan desain penelitian quasi experimental yang terdiri dari grup eksperimen dan grup kontrol. Sampelnya adalah kelas VIII A sebagai grup kontrol dan kelas VIII B sebagai grup eksperimen. Sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen dalam pengumpulan data adalah pre-test dan post-test. Data dianalisa secara statistik untuk mengetahui perbedaan signifikan dari pencapain siswa di pre-test dan di post-test menggunakan formula t-counted. Hasil dari analisis data mengindikasikan bahwa ada perbedaan signifikan antara hasil pre-test dan post-test. Itu bisa dibuktikan secara jelas dengan melihat skor rata-rata kedua hasil tes dimana skor rata-rata grup eksperimen meningkat secara signifikan dari 46.42 ke 76.19. Sedangkan skor rata-rata grup kontrol meningkat dari 45.51 ke 60.90. Kemudian, dengan menerapkan derajat kebebasan (df) 25 dan 0.05 tingkat signifikan, mengindikasikan bahwa t-counted (5.02) lebih besar dari t-table (1.708). Itu menyatakan penerapan dari teknik Concept Sentence efektif untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam menulis teks deskripsi. Kata Kunci: Mengembangkan; Menulis; Teks Deskripsi; Kemampuan; Concept Sentence

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up