JudulKEMAMPUAN SISWA KELAS X SMA NEGERI 7 PALU UNTUK MENULIS TEKS DESKRIPTIF |
Nama: NOVIANI |
Tahun: 2021 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat dominansi kemampuan menulis teks deskriptif siswa SMA Negeri 7 Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas 10 SMA Negeri 7 Palu yang terdiri dari 10 kelas. Peneliti menggunakan teknik purposif sampling sebanyak 20 siswa dari 250 siswa. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan tes dan angket. Tes dilakukan untuk mengetahui tingkat dominansi siswa dalam menulis teks deskriptif dan angket dilakukan sebagai data pendukung penelitian ini. Data menunjukkan bahwa nilai 9 siswa dibawah 65 (kategori rendah dan tidak kompeten), terdapat 2 nilai siswa antara 66-76 (kategori sedang dan tidak kompeten), dan nilai 9 siswa antara 77-100 (kategori tinggi dan berkompeten). Berdasarkan analisis data, tingkat dominan kemampuan siswa kelas 10 SMA Negeri 7 Palu dalam menulis teks deskriptif berada pada tingkat rendah (tidak kompeten). Hal ini dibuktikan dengan temuan bahwa sebagian besar siswa berada pada tingkat sedang dan rendah belum mencapai nilai standar kelulusan (KKM) dan dikategorikan tidak kompeten. Permasalahan yang dihadapi siswa adalah banyak kesalahan tata bahasa, kesalahan pada ejaan, tanda baca yang kurang baik dan tidak dapat memilih diksi yang sesuai. Kata Kunci: Kemampuan, Menulis, Teks Deskriptif. |