JudulMEMPERBAIKI KEAHLIAN MENULIS SISWA KELAS 10 DI SMA NEGERI 1 BOLANO LAMBUNU MELALUI TEKNIK KOLABORATIF |
Nama: GOWAN |
Tahun: 2019 |
Abstrak Penelitian in bertujuan untuk menemukan bahwa menggunakan collaborative technique dapat memperbaiki kemampuan menulis siswa di siswa kelas 10 SMA Negeri 1 Bolano Lamnunu. Penelitian ini menerapkan desain penelitian quasi experimental yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sampelnya adalah X IPA 3 sebagai kontrol kelas dan X IPA 1 sebagai kelas eksperimen. Sampel dari penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik cluster random. Instrumen dalam pengumpulan data adalah pre-test and post-test. Hasil dari analisis data mengindikasikan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil pre-test dan post-test. Itu bisa dibuktikan dengan melihat skor rata-rata dari kedua hasil tes dimana skor rata-rata kelas eksperimen meningkat secara signifikan dari 38.33 ke 76.11. Sementara, skor rata-rata kelas kontrol meningkat dari 34.99 menjadi 53.89. Kemudian, dengan menerapkan 38 sebagai derajat kebebasan (df ) dan 0.05 tingkat signifikan, mempersembahkan bahwa t-hitung (5.05) lebih besar dari t-table (1.68). Dengan demikian telah dinyatakan bahwa menggunakan collaborative technique dapat memperbaiki keahlian menulis pada siswa kelas 10 di SMA Negeri 1 Bolano Lambunu. |