JudulPENGARUH METODE THINK-PAIR-SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI (PENELITIAN EXPERIMEN DI SMP NEGERI 4 PALU) |
Nama: AF IDA ARMAN |
Tahun: 2019 |
Abstrak Tujuan dari penelitian ini untuk membuktikan apakah mengajar bahasa Inggris dengan menggunakan metode Think-Pair-Share mempunyai hasil belajar yang lebih baik daripada mengajar bahasa Inggris menggunakan metode konvensional pada siswa kelas delapan di SMP Negeri 4 Palu. Penelitian ini menerapkan desain penelitian quasi experimental. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas delapan di SMP Negeri 4 Palu yang terdiri dari 11 kelas. Pemilihan sampel dari penelitian ini menggunakan cluster random sampling. Sampelnya adalah kelas VIII Delima sebagai grup eksperimen dan kelas VIII Melon sebagai grup kontrol. Hasil dari pretest menunjukkan bahwa skor rata-rata dari grup eksperimen adalah 46.66, sedangkan grup kontrol adalah 47. Skor rata-rata dari grup eksperimen meningkat secara signifikan dari 46.66 ke 75. Sementara itu, skor rata-rata dari grup kontrol meningkat dari 47 ke 56. Selanjutnya, hasil dari data analisis menunjukan bahwa nilai dari t-counted 3.27 lebih besar dari nilai t-table 2.00 dengan menerapkan 0.05 tingkat signifikan dan derajat kebebasan (df) 58. Oleh karena itu, hipotesis dalam penelitian ini diterima. Kesimpulannya, mengajar bahasa Inggris dengan menggunakan metode Think-Pair-Share mempunyai hasil belajar yang lebih baik terhadap kemampuan siswa kelas delapan dalam menulis paragraph deskriptif di SMP Negeri 4 Palu. Kata kunci: Metode Think-Pair-Share, Kemampuan menulis, Paragraf Deskriptif |