Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS DELAPAN SMP NEGERI 1 BUNTA MELALUI SNOWBALL THROWING STRATEGY
Nama: Cindy Ratna Cahyani
Tahun: 2019
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa Snowball Throwing Strategy dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas delapan SMP Negeri 1 Bunta atau tidak. Peneliti menggunakan penelitian quasi-experimental desain. Sampel dari penelitian ini yaitu siswa kelas VIIIC sebagai kelompok kontrol terdiri dari 26 siswa, dan kelas VIIIE sebagai kelompokexperimen terdiri dari 28 siswa. Peneliti menggunakan cluster random sampling untuk memilih sample. Kelompok experimen diberi perlakuan dengan menerapkan Snowball Throwing Strategy dalam mengajar membaca teks naratif. Sementara itu kelompok kontrol diajar menggunakan metode konvensional. Instrumen pengumpulan data yaitu tes. Hasil dari analisis data menunjukkan bahwa dapat dilihat nilai rata-rata dari kelompok experimen pretest dan posttest adalah (50.86) dan (74.29). Nilai rata-rata kelompok kontrol dari pretest dan posttest adalah (52.25) dan (65.84). Peneliti menemukan bahwa nilai t-counted adalah 2.74. dengan 0,05 tingkat signifikansi dan 52 derajat kebebasan (df), peneliti menemukan bahwa nilai t-table adalah 1.674. T-counted lebih besar dari t-table; oleh karena itu hipotesis diterima. Berdasarkan hasil, peneliti menyimpulkan bahwa Snowball Throwing Strategy memberikan pengaruh penting pada kemampuan membaca siswa. Artinya Snowball Throwing Strategy berhasil dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas delapan di SMP Negeri 1 Bunta, khususnya dalam membaca teks naratif. Kata Kunci: Meningkatkan, kemampuan membaca, Snowball Throwing Strategy

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up