JudulUSING FABLE IN DEVELOPING READING COMPREHENSION OF GRADE VIII STUDENTS AT SMP NEGERI 15 PALU |
Nama: NURAFNI |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Nurafni (2020). Skripsi ini berjudul “Using Fable in Developing Reading Comprehension of Grade VIII Students at SMP Negeri 15 Palu” Program Study Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, dibawah bimbingan Nadrun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa penggunaan Teknik Kerja dalam Kelompok berhasil meningkatkan pemahaman membaca siswa di SMP Negeri 15 Palu. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimensem. Sampel dari penelitian ini adalah 21 siswa kelas D sebagai kelompok eksperimen dan 21 siswa kelas VIII F sebagai kelompok kontrol. Tes diberikan sebanyak duakali:pra-tes dan pasca-tes. Kelompok eksperimen dan kelompok control yang diberikan perlakuan dengan menggunakan cerita dongeng. Hasil dari tes menunjukkan bahwa skor simpangan rata-rata kelompok eksperimen adalah 70.67 pada pra-tes dan 87.24 pada pasca-tes. Sedangkan nilais simpangan rata-rata pada kelompok control adalah 70.86 pada pra-tes dan 80.57 pada pasca-tes. Skor ini menunjukkan, bahwa nilai simpangan rata-rata kelompok eksperimen lebih tinggi dari pada nilai simpangan rata-rata kelompok control pada pasca-tes. Dengan menerapkan tingkat signifikansi 0,05 dengan derajat kebebasan 40, ditemukan bahwa, nilai t (5,33) lebih besar dari nilai tabel t (1,677). Ini menunjukkan bahwah ipotesis penelitian diterima. Sebagai kesimpulan, penggunaan cerita dongeng efektif untuk mengembangkan pemahaman membaca siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Palu. Kata kunci: Pemahaman Membaca, Teks Narrative.Fable. |