JudulPENGGUNAAN SENTENCE CORRECTION GAME DALAM PEMBELAJARAN TATA BAHASA PADA SISWA KELAS X SMAN MODEL TERPADU MADANI |
Nama: Novranda Alifthari |
Tahun: 2019 |
Abstrak Novranda Alifthari. 2019. Using Sentence Correction Game in Teaching Grammar to Grade X Students of SMAN Model Terpadu Madani. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, dibawah bimbingan Sudarkam R. Mertosono. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah penggunaan Sentence Correction Game dapat meningkatkan kemampuan tata bahasa siswa kelas X SMAN Model Terpadu Madani, khususnya simple past tense. Peneliti menerapkan desain penelitian eksperimental kuasi. Populasi siswa kelas X yang terdaftar di sekolah pada tahun akademik 2018/2019 adalah sebanyak 232 siswa. Kelas-kelas yang menjadi sampel adalah kelas XI sebagai grup eksperimental dan kelas X4 sebagai grup kontrol. Kedua sampel ini dipilih berdasarkan teknik acak cluster. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode pensil-dan-kertas dan metode survei. Setelah menganalisa data yang ada, hasil dari analisa data tes menunjukkan bahwa nilai rata-rata dari grup eksperimental pada saat post-test adalah 82.34 sedangkan nilai rata-rata yang didapatkan grup control adalah 79.36. Selain itu, peneliti juga menemukan bahwa nilai t-counted (5.18) lebih besar dibanding t-table (1.673), mengindikasikan bahwa hipotesa penelitian ini diterima. Dengan kata lain, telah terjadi peningkatan kemampuan tata bahawa siswa dengan menggunakan Gim Sentence Correction. Lebih lanjut, dalam mendukung data utama yang disebutkan di atas, analisa kuestioner juga menunjukkan bahwa siswa-siswa sangat setuju bahwa gim, Sentence Correction, menyenangkan, memotivasi dan juga efektif dalam membantu mereka untuk memahami simple past tense. Kata kunci: Meningkatkan; Tata bahasa; Simple Past Tense; Sentence Correction Game. |