JudulIMPLEMENTASI INVESTIGASI KELOMPOK UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 20 PALU |
Nama: DIKI ERIAWAN |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Diki Eriawan (A 121 15191). Implementasi Investigasi Kelompok untuk Mengembangkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VIII SMP Negeri 20 Palu.Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Departemen Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, dibawah pengawasanSriatiUsman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Investigasi Kelompok untuk Mengembangkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VIII SMP Negeri 20 Palu. Peneliti menerapkan desain penelitian eksperimental semu dengan teknik purposive sampling untuk memilih sampel. Instrumen pengumpulan data adalah pra test dan pasca test. Pra test digunakan untuk mengukur pengetahuan awal siswa dan pasca test digunakan untuk mengukur hasil pemahaman siswa setelah diberi perlakuan. Uji-t dianalisis untuk membandingkan skor rata-rata dari kedua kelas. Ada skor perbedaan yang signifikan dari kelompok eksperimen (72,39) dan kelompok kontrol (63,02). Tingkat signifikansi ditetapkan pada 0,05 dengan 47 derajat kebebasan (df = 47). Hasil analisis data menunjukkan bahwa t-hitung (4,06) lebih tinggi dari t-tabel (2,013). Ini berarti hipotesis diterima. Dengan demikian, Implementasi Investigasi Kelompok dapat Mengembangkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VIII SMP Negeri 20 Palu. Kata kunci: Implemantasi; Investigasi Kelompok; Keterampilan berbicara. ABSTRAK Diki Eriawan (A 121 15191). Implementasi Investigasi Kelompok untuk Mengembangkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VIII SMP Negeri 20 Palu.Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Departemen Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, dibawah pengawasanSriatiUsman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Investigasi Kelompok untuk Mengembangkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VIII SMP Negeri 20 Palu. Peneliti menerapkan desain penelitian eksperimental semu dengan teknik purposive sampling untuk memilih sampel. Instrumen pengumpulan data adalah pra test dan pasca test. Pra test digunakan untuk mengukur pengetahuan awal siswa dan pasca test digunakan untuk mengukur hasil pemahaman siswa setelah diberi perlakuan. Uji-t dianalisis untuk membandingkan skor rata-rata dari kedua kelas. Ada skor perbedaan yang signifikan dari kelompok eksperimen (72,39) dan kelompok kontrol (63,02). Tingkat signifikansi ditetapkan pada 0,05 dengan 47 derajat kebebasan (df = 47). Hasil analisis data menunjukkan bahwa t-hitung (4,06) lebih tinggi dari t-tabel (2,013). Ini berarti hipotesis diterima. Dengan demikian, Implementasi Investigasi Kelompok dapat Mengembangkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VIII SMP Negeri 20 Palu. Kata kunci: Implemantasi; Investigasi Kelompok; Keterampilan berbicara. |