Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMENINGKATKAN KETERAMPILAN PENULISAN TEKS DESKRIPSI SISWA DI KELAS X SMA NEGERI 5 PALU MELALUI METODE PENULISAN ESTAFET
Nama: WIWIK LIANI
Tahun: 2019
Abstrak
ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat efektivitas Metode Menulis Estafet untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa di Kelas X SMAN 5 Palu dalam menulis teks deskriptif. Peneliti menggunakan desain penelitian eksperimen semu. Sampel penelitian adalah X MIPA 6 sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 21 siswa dan X MIPA 4 sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 21 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah tes. Tes diberikan dua kali: pre-test dan post-test. Data dianalisis secara statis untuk mengetahui pencapaian yang signifikan dari siswa pada pre-test dan post-test. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menerapkan metode penulisan estafet, sedangkan kelas kontrol diajarkan tanpa metode. Setelah menganalisis data, peneliti menemukan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara skor kelas eksperimen dan kelas kontrol. Skor kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. T-hitung (7,72) lebih tinggi dari t-tabel (2,021). Dengan kata lain, metode penulisan estafet dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa di kelas X SMAN 5 Palu dalam menulis teks deskriptif. Kata Kunci: Peningkatan, Keterampilan Menulis, Teks Deskriptif, Metode Penulisan Estafet.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up