JudulMENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA KELAS TUJUH SMP NEGERI 19 PALU DALAM MENGGUNAKAN SIMPLE PRESENT TENSE TERHADAP PENDEKATAN INDUKTIF |
Nama: DEI SANTI S. MAYUSA |
Tahun: 2019 |
Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat efektivitas pendekatan induktif dalam meningkatkan kemampuan siswa kelas tujuh di SMP Negeri 19 Palu dalam menggunakan simple present tense. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen semu yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas control. Sampel dari penelitian ini adalah kelas VIIa sebagai kelas control yang terdiri dari 23 siswa dan kelas VIId sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 23 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Ada dua tes dalam penelitian ini, pre-test and post-test. Kedua tes diberikan kepada kedua kelas. Data penelitian ini dianalisis secara statistik. Setelah menganalisis data, peneliti menemukan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara skor kelas eksperimen dan kelas kontrol. Skor kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas control. Dimana, t-hitung (6.23) lebih tinggi dari t-tabel (1.680). Dengan kata lain, pendekatan induktif dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas tujuh di SMP Negeri 19 Palu dalam menggunakan simple present tense. |