JudulKEEFEKTIFAN DARI METODE TONGKAT BERBICARA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS TUJUH SMP NEGERI 1 TORUE |
Nama: FHIRDA GRISTYA |
Tahun: 2019 |
Abstrak Fhirda Gristya, (2019). Judul Skripsi "Keefektifan Dari Metode Tongkat Berbicara Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas Tujuh SMP Negeri 1 Torue. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, dibawah bimbingan Nur Sehang Thamrin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan keefektifan dari metode tongkat berbicara pada kemampuan berbicara siswa kelas tujuh SMP Negeri 1 Torue. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pre experiment. Desain penelitian tersebut terdiri dari satu kelas yang diberikan pre-test dan post-test. Sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang direkomendasikan oleh guru bahasa Inggris adalah kelas VIIB yang terdiri dari 26 siswa. Instrumen yang digunakan oleh peneliti adalah sebuat tes (pre-test dan post-test). Data yang diperoleh kemudian dianalisa dengan menggunakan formula t-test. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai ratarata pre-test siswa adalah 46.79 dan nilai rata-rata post-test siswa adalah 62.65. Lebih lanjut, hasil analisis data t-test menunjukkan bahwa t-counted 14.33 dan ttable 1.708. Data ini mengindikasikan bahwa nilai t-counted lebih besar dari pada t-table. Artinya bahwa ada peningkatan yang signifikan dari penggunaan metode tongkat berbicara dalam kemampuan berbicara siswa kelas tujuh SMP Negeri 1 Torue. Kata kunci: Metode Tongkat Berbicara; Kemampuan Berbicara; Kelancaran, Ketepatan, dan Pemahaman. |