Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulAPPLYING MNEMONIC TECHNIQUE TO IMPROVE VOCABULARY MASTERY OF THE EIGTH GRADE STUDENTS AT SMP NEGERI 19 PALU
Nama: AYU LESTARI ALIMIN
Tahun: 2021
Abstrak
ABSTRAK Ayulestari Alimin (2021). Meningkatkan Kosakata Siswa melalui Teknik Mnemonic, Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Jurusan Bahasa dan Seni, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Tadulako, dibawah bimbingan Konder Manurung. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan apakah penggunaan teknik mnemonic dapat meningkatkan kosakata siswa VIII B di SMPN 19 Palu,khususnya dalam penguasaan kata benda, kata kerja dan kata sifat. Peneliti menerapkan metode penelitian semu ang melibatkan grup eksperimen dan grup kontrol. Sampel penelitian ini adalah kelas VIIIB sebagai grup eksperimen dan kelas VIIIC sebagai kelas kontrol. Kedua sampel tersebut dipilih menggunakan reknik purposive sampling. Dalam mengumpulkan data, peneliti memberikan prates dan pasca-tes untuk kedua grup. Hasil dari analisis data menunjukkan bahwa terdapat peningkatan antara hasil pra-tes dan pasca-test untuk ke dua grup. Nilai rata-rata grup eksperimen sebelum perlakuan 46,33 sedangkan grup kontrol adalah 48,11.Setelah peneliti memberikan perlakuan, nilai rata-rata dari post-test di grup eksperimen adalah 82,60 dan grup kontrol adalah 54,38.Hal tersebut juga menunjukkan bahwa nilai hitung t (24.20) lebih tinggi dibandingkan nilai tabel t (2.004) yang mengindikasikan bahwa hipotesis penelitian diterima.Dengan demikian, penggunaan teknik mnemonic efektif untuk meningkatkan kosakata khususna dalam penguasaan kata benda, kata kerja dan kata sifat. Kata kunci: Mnemonic; Kosakata; Kata benda; Kata Kerja ; Kata Sifat.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up